Batubata Merah Cikarang

Dari bantaran tanggul sungai Citarum, di Desa Setia Laksana, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi, kami menggalang pengrajin  memproduksi batubata sesuai spesifikasi. Lokasi ini sengaja dipilih karena melimpahnya sumber bahan baku berupa tanah liat yang baik.  Bantaran sungai menjadi area pengambilan tanah liat sebagai bahan baku, secara berkala kembali diisi oleh erosi dari aliran sungai  sehingga bahan baku menjadi selalu terbarukan. Sumber bahan baku yang terbarukan ini merupakan keunggulan komparatif kami.

Faktor lain, yang juga menjadi prinsip usaha Hakiki, adalah terciptanya peran usaha masyarakat sekitar yang memang sangat sedikit tersedia lapangan kerja. Penggunaan mekanisasi sedapat mungkin dihindarkan demi penyerapan semaksimal mungkin tenaga kerja.

Analisis biaya produksi menunjukkan 60% biaya produksi merupakan upah tenaga kasar cetak bata, angkut/susun, bakar,5% Upah tenaga kasar turun naik bata ke truk,15% biaya tetap operasional, 20% biaya pengiriman.

Konsep ekonomis juga diperankan oleh penggunaan sekam, limbah padi, sebagai satu-satunya bahan untuk pembakaran bata. Kompetitor lain, yang mengagungkan prinsip kapitalis, menggunakan kayu bakar atau solar.

Kapasitas normal adalah 600.000 bata per bulan yang dengan mudah dapat
dilipatgandakan melalui kemitraan kami dengan pengerajin batubata sekitar.

8 Tanggapan to “Batubata”

  1. Aki Herry Says:

    Salam kenal,
    Informatif sekali blognya..
    Sukses selalu,

  2. Ferry Says:

    Mas,
    Kalau bata ini masih Anda jual, tolong PM saya tentang harga per piece-nya. Juga lain-lainnya, termasuk ongkir, pemesanan minimal, dan diskon (kalau ada :))
    Thanks

  3. tito Says:

    gan minta alamat dan via tlp atau apa saja untuk bisa di hubungi gan…………thank`s before……..

  4. antonius agoeng p Says:

    bos minta rilis harga bata untuk dikirim ke jakarta, rawamangun…..

  5. yudistira ari nugraha Says:

    mau tanya, kalo pondasi rumah dari bata merah itu gimana?

  6. Mochammad Taufik Says:

    asmwrhbrkt, sehubungan dengan terjadinya Gempa di Kota Padang Pada Tahun 2009, kebutuhan bata merah sangat di butuhkan , namun demikian alangkah baiknya ada kiranya yang bisa memberikan solusi untuk bisa kerjasama membuat pabrik bata ringan, karna sangat efektip dan pelaksanaannya lebih cepat, Paraktis, terima kasih sebelumnya berilkan komentar,

    Kang Taufik

  7. diani inggita Says:

    Kebetulan saya akan merenovasi rumah, kalau boleh saya tau berapa harga bata di Hakiki /pcs nya dan kalau boleh bisa atau tidak dilihat langsung ?

  8. Yudi Says:

    saya lihat di sekitar sungai cibeet (anak sungai citarum karawang-bekasi) banyak juga industri bata merah. Tapi saya lihat banyak lobang2 besar terlantar karena tanahnya diambil utk bikin bata. Apa nggak merusak lingkungan itu ya? Kan jadi gak bisa dimanfaatkan lahannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.